#topbar{ position:absolute; border: 2px solid black; padding: 2px; background-color: red; width: 620px; visibility: hidden; z-index: 100; } -->
Home Music Game Pc Sport Naruto

Sabtu, 15 Mei 2010

Cara Hemat BandWid

Bagi Anda pengguna internet dengan sistem quota base, yaitu tergantung besarnya data yang Anda transfer mungkin metode ini banyak bermanfaat. Hanya sayangnya akan efektif bila kita browsing ke server-server luar negeri, karena server yang akan kita manfaatkan sebagai proxy untuk menghemat bandwidth berada di luar negeri.

Yang akan saya bahas di sini yaitu penggunaan Toonel, mungkin sudah banyak yang tahu dan pernah menggukan fasilitas ini. Tapi yang akan saya tekankan di sini yaitu penggabungan antara Toonel dengan Privoxy. Tentang privoxy sudah saya bahas di Cara Mempercepat Akses Internet.

Seperti kita ketahui cara kerja Toonel adalah mengkompres data yang akan kita terima, jadi data dari web server dikompres oleh toonel server baru dikirim ke kita, sehingga misal dari data 1mb bisa menjadi 900kb yang berarti menghemat 100kb. Toonel akan terasa lebih menghemat bandwidth bila website yang kita buka banyak mengandung file image (gambar) karena kita bisa menseting rasio gambar yang akan kita terima. Semakin besar rasio semakin jelek gambar yang kita dapat tetapi semakin besar bandwidth yang kita hemat.

Untuk program Toonel silakan download di sini. Untuk yang belum paham pemakaian toonel setelah Anda download program toonel.jar (Anda harus menginstall java runtime dulu untuk bisa menjalankan toonel.jar) dan menjalankannya (setting default).


Anda tinggal mengeset port yang akan Anda gunakan (default 8080) bisa dicek dengan memilih bagian Maping klik 127.0.0.1 lihat bagian local port.














Untuk menseting kompresi yang kita inginkan klik bagian Web pilih GIF quality dan JPEG quality sesuai selera. Semakin rendah rendah nilai yang kita pilih semakin besar bandwidth yang kita hemat.















Untuk mengetes apakah toonel berjalan, setelah anda menjalankan toonel sekarang set di browser untuk menggunakan proxy 127.0.0.1 dan port 8080. Bila kurang jelas cara menset proxy browser silakan lihat post saya tentang Cara Mempercepat Akses Internet.

Bila toonel berjalan sebagaimana mestinya Anda akan melihat hasil seperti di bawah ini di toonel. Lihat berapa bandwidth yang bisa kita hemat, di sini telihat Compression Ratio mencapai 61%


Sekarang bagaimana cara menggabungkan antara Toonel dengan Privoxy?















Yang harus Anda lakukan adalah klik kanan tray icon Privoxy, pilih Edit -> Main Configuration. Tambahkan baris “forward / 127.0.0.1:8080″ lihat gambar di bawah. Penambahan bisa dilakukan di baris mana saja, untuk memudahkan letakan di bagian yang sesuai yaitu di poin 5.1. forward.

Gunakan tombol Tab untuk memisahkan antara forward dengan / dan dengan 127.0.0.1:8080
Setelah Anda mengedit Configuration Privoxy jangan lupa restart Privoxy dan set proxy browser Anda menggunakan Privoxy lagi yaitu 127.0.0.1 dan port 8118

Dengan menggabungkan antara Toonel dengan Privoxy semoga internet Anda akan “Lebih Cepat Lebih Hemat”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar